Cara Memilih Gendongan Bayi yang Bagus (Update 2018!)


Setiap orang tua tentunya selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Bagaimana tidak, buah hati yang didambakan dan terlahir ke dunia merupakan titipan Allah Ta’ala sebagai amanah bagi setiap orang tua. Dengan hasil kerja keras dan perjuangan yang begitu besar seorang ibu akhirnya mampu mengeluarkan seorang bayi yang telah dikandungkan di dalam perut selama 9 bulan lamanya.

Tak ayal, saat buah hati telah terlahir ke dunia, orang tua dengan senang hati mempersiapkan segala kebutuhan terbaik bagi bayinya. Mulai dari menata tempat tidur, pakaian, mainan, aksesoris lucu dan unik. Begitu banyaknya perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan secara matang, semua itu bertujuan untuk mendukung masa tumbuh dan kembang bayi dalam belajar dan mengenal banyak hal di sekelilingnya,

Salah satu kebutuhan bayi yang berguna untuk menstimulasi anak agar responsive terhadap lingkungan sekitar adalah dengan menyediakan gendongan bayi yang bagus. Ya, gendongan merupakan salah satu kebutuhan bayi karena dengan menggendong bayi artinya kita mengajak bayi keluar rumah untuk jalan-jalan dan mengenal lingkungan sekitar. Saat bayi berada di lingkungan luar, sedikit demi sedikit bayi akan belajar berinteraksi dengan lingkungan sekitar, mengenal banyak teman, belajar bermain bersama teman-teman seusianya, serta melihat dan mendengar cara orang tua berinteraksi dan memberi respon terhadap hal-hal yang dirasakannya.


Gendongan bayi juga sangat diperlukan ketika ibu-ibu bepergian untuk urusan tertentu dan harus membawa buah hatinya. Mengingat berbagai alasan di atas, gendongan bayi sangatlah penting bagi para ibu-ibu. Bayangkan saja, bagaimana jadinya jika tidak ada gendongan bayi? Keamanan anak dalam menggendong bayi akan kurang terjaga. Ditambah lagi seorang ibu tidak akan sanggup menggendong bayi dalam waktu yang lama tanpa memakai alat bantu berupa gendongan bayi.

Dari hasil pengamatan, perbandingan waktu seorang ibu yang menggendong bayi dengan menggunakan gendongan bayi dibandingkan dengan tanpa menggunakan gendongan bayi akan memberikan hasil berbeda, dimana waktu menggendong akan lebih lama ketika menggunakan alat bantu gendongan.

Nah, memilih gendongan itu sangat penting. Cara memilih gendongan bayi yang bagus adalah:

1. Perhatikan bahan dasar dari gendongan bayi
Hal ini dimaksudkan agar bayi merasa nyaman saat digendong. Bayi tidak merasa kepanasan saat berada dalam gendongan. Pilih bahan dasar yang lembut.

2. Perhatikan posisi tubuh bayi 
Zaman dulu para ibu menggendong bayi dengan selendang yang digendong menyamping. Sekarang telah muncul beragam gendongan bayi dengan banyak inovasi. Ada gendongan bayi yang memposisikan bayi digendong samping, depan, hingga belakang.  Bagaimanapun inovasinya, pastikan bahwa ketika bayi digendong tetap pada posisi yang aman dan nyaman.

3. Bahan harus kuat
Bagi ibu yang memiliki bayi dengan ukuran yang terbilang besar, pastikan bahan gendongan harus kuat dan tidak mudah sobek. Hal ini tentu berhubungan dengan keamanan bayi saat digendong. Terutama saat para ibu sedang menggendong bayi sambil melakukan aktifitas lainnya, keamanan bayi sangat penting.

Related posts:

No comment available "Cara Memilih Gendongan Bayi yang Bagus (Update 2018!)"

Post a Comment